Lukisan Picasso senilai US$66Juta dicuri.

Posted by: bintangmerah on Thursday, March 01, 2007 – 07:50 AM

 Lukisan Picasso senilai US$66Juta dicuri dari rumah cucu Picasso.

PARIS (AP) – Paling sedikit dua lukisan Picasso senilai hampir mendekati US$66 juta atau Rp600 milyar, telah dicuri dari rumah cucu pelukis ternama tersebut di Paris, kata polisi hari Rabu.
Lukisan “Maya and the Doll” dan “Portrait of Jacqueline” telah hilang, diperkirakan pada hari Senin atau Selasa dari distrik ketujuh yang indah dari kota Paris, kata seorang polisi Paris.

Sang polisi, yang tidak mau disebut namanya mengatakan lukisan tersebut berharga mendekati US$66 juta, dan terdapat bukti-bukti bahwa rumah telah dimasuki secara paksa.

Walaupun polisi hanya menyebutkan dua lukisan yang hilang, Direktur dari musium Picasso, Anne Baldassari, mengatakan ada banyak lukisan dan gambar yang dicuri dari rumah Diana Widmaier-Picasso.

“Ini adalah pencurian besar-besaran,” katanya, tanpa memperici lebih lanjut.
“Maya and the Doll” adalah lukisan penuh warna dari potret seorang gadis muda berambut pirang, dengan model rambut pigtails, matanya menatap dengan gaya perspektif Cubisme. Versi lain dari lukisan tersebut, digantung di musium Picasso. Lukisan itu menggambarkan Maya Widmaier, putri Picasso dan Marie-Therese Walter, kawan karibnya antara tahun 1924 sampai tahun 1944.

“Maya and the Doll”

“Portrait of Jacqueline”

Maya menikah dengan Pierre Widmaier, mempunyai tiga anak, Olivier, Richard dan Diana Widmaier-Picasso, seorang ahli sejarah seni dan pengarang buku “Art Can Only be Erotic.”

Tidak ada informasi lebih lanjut mengenai pencurian tersebut.

The Art Loss Register, yang mempunyai database terbesar didunia dari benda-benda seni yang hilang atau dicuri, pada saat ini mencatat ada 444 hasil karya Picasso yang hilang, termasuk diantaranya lukisan, lithographs, gambar dan keramik.

Diantara yang tercatat hilang dicuri adalah lukisan cat air abstrak Picasso, yang dicuri di Mexico, kata staff The Art Loss Register – Antonia Kimbell.

Jumlah lukisan Picasso yang hilang sangat tinggi, karena Picasso sangat rajin berkarya, kata Kimbell. Dia juga mengatakan bahwa pencurian di Paris ini “definitely quite significant”.

“Apa saja yang berkualitas tinggi, apalagi dengan referensi dari cucu Picasso, akan mencapai nilai tinggi sekali di pasar terbuka barang-barang seni, kata Kimbell.

Tetapi lukisan kondang kalau dicuri, biasanya harganya akan menjadi rendah sekali kalau laku di pasar gelap. Ini karena calon pembeli biasanya takut untuk dikatakan sebagai penadah lukisan curian tersebut.

“Kemungkinan besar tidak ada dealer resmi yang akan membeli atau mendapatkan lukisan seperti itu” kata Kimbell.

© The Canadian Press, 2007

Sumber : http://www.bintangmerah.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: